Kamis, 21 Februari 2013

Musik

Musik

      


Musik
Music lesson Staatliche Antikensammlungen 2421.jpg
Lukisan sebuah vas Yunani kuno yang menggambarkan pelajaran musik (sekitar 510 SM).
Medium Suara
Originating culture bervariasi
Originating era Paleolitikum
Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian.[1] Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik pula adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.


Alat musik Modern

MACAM ALAT MUSIK MODERN





GITAR

Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.

Gitar akustik, dengan bagian badannya yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar akustik senar-nilon, gitar akustik senar-baja, dan gitar archtop. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.

Gitar elektrik, diperkenalkan pada tahun 1930an, bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body), namun kemudian penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop.
PIANO

Piano merupakan alat musik yang bisa dikategorikan bagian dari furniture mewah dan indah,yang bisa dijadikan sebagai pajangan rumah.

Perbedaanya furniture yang satu ini dilengkapi dengan musik modern yang berfungsi untuk memainkan musik sebagai hiburan. Karenannya alat musik ini haru membutuhkan perawatan yang baik dari si pemiliknya.

Piano adalah alat musik yang sangat kompleks dan terdiri dari material-material yang mahal. Ada lebih dari 9.000 bagian pada kunci ditambah dengan bagian kombinasi lainnya. Jika dianalisa material dari piano, maka akan terlihat kayu dengan kualitas tinggi, besi,baja,tembaga,plastik,kuningan,kapas,bahan perekat dan sebagainya. Maka bisa dibayangkan seberapa sulitnya membersihkan bagian-bagian yang tidak mudah dijangkau didalam piano.

BIOLA

Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang paling rendah adalah G. Di antara keluarga biola, yaitu dengan viola, cello dan double bass atau kontra bass, biola memiliki nada yang tertinggi. Alat musik dawai yang lainnya, bas, secara teknis masuk ke dalam keluarga viol. Kertas musik untuk biola hampir selalu menggunakan atau ditulis pada kunci G.

Sebuah nama yang lazim dipakai untuk biola ialah fiddle, dan biola seringkali disebut fiddle jika digunakan untuk memainkan lagu-lagu tradisional (lihat di bawah).

Di dalam bahasa Indonesia, orang yang memainkan biola disebut pemain biola (pebiola), atau violinis (bahasa Inggris: Violinist - bedakan dengan violis atau pemain viola). Orang yang membuat atau membetulkan alat musik berdawai disebut luthier

alat-alat musik Tradisional

Daftar alat musik Indonesia

   

Alat musik tradisional

Berikut alat-alat musik yang hanya dijumpai di Indonesia

macam-macam piano

Mengenal Jenis Piano

Piano klasikMusik info - Piano, merupakan salah satu alat musik yang eksklusif. Dari harganya saja sungguh membuat isi kantong akan terkuras. Wajar saja jika orang-orag yang punya uang lebih memajang piano salah satu sudut rumahnya. Mungkin sebagai lambang atau ingin menunjukkan status social mereka.
Bunyi atau suara yang dihasilkan piano pada abad 20-an tidak sekeras suara piano yang dibuat Bartolomeo Cristofori (1655 – 1731) buatan 1720. Karena tegangan senar piano pada masa itu tidak sekuat sekarang. Kini piano tersebut dipajang di Metropolitan Museum of Art di New York.
Awalnya piano disebut gravecembalo col piano e forte (harpsichord dengan papan tuts lembut dan bersuara keras). Ada yang berpendapat bahwa piano ditemukan oleh Bartolomeo Cristofori, walaupun itu masih menjadi perdebatan. Dan piano juga bukan alat musik pertama yang menggunakan papan tuts dan bekerja dengan dipukul. Alat musik berprinsip kerja mirip piano telah ada sejak 1440.

Ada bermacam-macam jenis piano seperti :
Spinet
Spinet dengan tinggi antara 36 – 38 inci dengan lebar 38. Mungkin karena ukurannya sehingga piano ini menjadi popular, tentu tidak membutuhkan ruang yang besar untuk meletakkan dalam ruangan.  Daya dan akurasi yang kurang karena ukuran dan konstruksi, merupakan salah satu kekurangan dari piano ini.

Konsol
Tinggi Konsol berkisar 40 - 43 inci dan lebarnya berkisar 58 inci. Modelnya yang banyak dan suaranya yang tinggi menjadikan sebagai salah satu pilihan alternative untuk melengkapi perabotan dalam rumah.

Studio
Di sekolah-sekolah musik piano ini banyak digunakan, dengan tinggi 45 – 48 inci dan lebar 58 inci. Karena soundboard yang lebih besar dan senar yang panjang, maka bisa menghasilkan kualitas nada yang baik dan panjang.

Upright
Dari tingginya yang berkisar antara 50 -60 inci dan lebar 58 inci menjadikan piano ini lebih tinggi dari piano lainnya.

Petite Grand
Ukurannya berkisar dalam ukuran dari 4 kaki 5 inci sampai 4 kaki 10 inci.

Baby Grand
Kualitas suara Baby grand menjadi pilihan populer karena kualitas suara, dan daya tarik estetika serta keterjangkauannya.Jenis yang sangat popular yang ukurannya berkisar antara 4 kaki 11 inci sampai 5 kaki 6 inci.

Medium Grand
Lebih besar dari baby Grand ukurannya sekitar 5 kaki dan 7 inci.

Parlor Grand
Ukurannya berkisar antar 5 kaki 9 inci sampai 6 kaki 1 inci. Piano grand Parlor juga disebut grand pianonya ruang tamu.

Semiconcert atau Ballroom
ukurannya lebih besar Grand Parlor, adalah sekitar 6 kaki 2 inci sampai 7 meter.

Konser Grand
Ukurannya sekitar 9 kaki, yang terbesar dari semua piano grand
Dari piano-piano inilah lahir legenda yang cukup terkenal dan salah satu dari Indonesia adalah Bubi Chen.Disamping legenda dunia lainnya seperti Komposer Isaac Albeniz

macam jenis gitar

Ada 3 (tiga) macam jenis gitar :


  • Gitar Klasik
  • Gitar Akustik
  • Gitar Listrik
Gitar Klasik 

Gitar klasik

Gitar klasik atau Gitar Spanyol adalah jenis yang paling banyak digunakan . Gitar Ini terdiri dari body berongga dengan soundhole, dan leher dengan mesin tuning / headstock. Dengan senar berbasis nylon string gitar klasik paling sering digunakan. Hal ini membuat  gitar klasik mudah digunakan baik untuk memetik dan digesek. Gitar klasik sering digunakan dalam musik klasik dan bahasa Latin dan dalam Flamenco serta jenis musik populer lainnya.

Gitar Akustik
Gitar Akustik
Sekilas, gitar akustik sangat mirip dengan gitar klasik. Kadang-kadang kedua jenis gitar ini disebut gitar akustik, karena keduanya menghasilkan suara tanpa memerlukan amplifier. Kebalikan dari gitar klasik, gitar akustik menggunakan senar baja. leher'nya lebih kecil dan terkadang  menggunakan sound system elektronik (spull).  Jenis gitar ini sering digunakan dalam musik pop sebagai instrumen yang menyertainya.

Gitar Listrik
gitar listrik=
Gitar listrik adalah instrumen listrik, yang berarti hanya bisa dimainkan dengan amplifier. Dibandingkan dengan gitar akustik, gitar listrik tidak memiliki sebuah soundhole. Sebaliknya, gitar ini  terdiri dari body seperti papan. Gitar listrik menggunakan senar baja, getaran yang diterima oleh pick-up kemudian diteruskan ke amplifier.

Aransemen

DASAR-DASAR MEMBUAT ARANSEMEN UNTUK GITAR TUNGGAL

         * Ada berbagai macam definisi tentang aransemen. Dalam tulisan ini, yang saya maksud dengan aransemen adalah "menata dan memperkaya sebuah melodi, lagu, atau komposisi, yang sudah tersedia sebelumnya, ke dalam format atau gaya yang baru." Mediumnya bisa apa saja, dari instrumen tunggal hingga sebuah orkestra. Namun dalam tulisan ini kita batasi aransemen untuk gitar tunggal.
          * Membuat aransemen --menurut pendapat pribadi saya ---sebetulnya lebih mudah dari membuat komposisi. Sebab, kita tinggal "memungut" bahan yang sudah ada. Sejak zaman manusia mulai kenal musik hingga zaman kini, ada jutaan melodi, lagu, dan komposisi yang bisa menjadi sumber pembuatan aransemen. Ambil contoh lagu rakyat. Dari Indonesia saja jumlah lagu rakyat amat banyak. Belum lagi lagu-lagu rakyat dari negara lain.

BENTUK PALING DASAR
          * Bentuk/struktur paling dasar dari sebuah aransemen adalah memainkan melodi bersama dengan iringan (bas + rhythm). Biasanya dengan menambahkan intro dan coda.
          Pada keyboard/piano tidaklah sulit. Pada gitar, hal ini tidak selalu mudah karena keterbatasan wilayah nada gitar. Karenanya, kita mesti coba mainkan dulu melodi lagu tersebut. Apakah not tertinggi dan terendah tercakup dalam rentang nada gitar? Jika tidak, coba ganti nada dasarnya. Bila masih belum bisa juga, kita bisa memenggal lagu ini. Pada bagian yang terlalu tinggi bisa diturunkan satu oktaf. Begitu pula sebaliknya.
         Namun tidak semua lagu bisa dipenggal begitu saja. Juga perlu diperhatikan apakah tekstur melodi itu bisa dimainkan di gitar. Jalinan melodi yang terlalu njlimet dan cepat mungkin bisa dengan mudah dimainkan di piano, tapi tidak di gitar. Jadi, jangan memaksakan diri. Untunglah, masih lebih banyak lagu yang bisa dengan mudah dimainkan dengan gitar tunggal.
       * Bila melodi sudah bisa kita mainkan, langkah berikutnya adalah mencari chord. Bila lagu itu sudah ada di buku/majalah/internet lengkap dengan chordnya, tentu mudah. Sedikit susah bila kita mendengarkannya lewat rekaman. Namun bila kita sering melakukannya, lama-lama akan terbiasa. Cari chord-chordnya dengan benar. Kalau ada chord yang "misterius", cobalah mengutak-atiknya pada instrumen Anda. Tidak selalu dia punya susunan yang njlimet. Terkadang secara fisik dia sebetulnya chord sederhana saja. Misalnya chord Bm7-5 (B minor 7 minus 5) yang secara fisik adalah chord Dm dengan bas B.
        * Melodi sudah bisa dimainkan pada gitar dan semua chordnya pun sudah diketahui. Maka selanjutnya adalah memilih jenis irama. Mau dua hitungan? Empat hitungan? Enam hitungan? Waltz? Cha-cha? Dangdut? Ballad? Mainkan dulu chord-chordnya dengan menggunakan irama ini. Masukkan pula pola ritme bas. Bila sudah lancar, cobalah mulai barengi dengan melodinya.
         Masalah biasanya muncul saat kita memainkan melodi pada not-not tinggi. Kita harus menggunakan chord pada posisi-posisi yang dekat dengan letak jari kiri saat memainkan melodi tadi. Singkatnya, kita mesti tahu letak chord dalam berbagai posisi. Chord F, misalnya, selain pada posisi I juga bisa ditemui pada posisi III, V, atau VIII.
        * Bagi yang belum terbiasa memainkannya langsung pada gitar, boleh saja menuliskan dulu not-not melodinya pada buku musik. Lantas tambahkan not-not chord dan bas. Baru setelah itu baca dan mainkan.
        * Karena keterbatasan jumlah senar, kita tidak selalu bisa membunyikan semua not yang terkandung dalam sebuah chord. Terkadang hanya dengan satu atau dua not, plus bas, kita sudah bisa mendapatkan hasil yang baik. Contoh: bila ada chord C, kita bisa membunyikan not C dan E saja. Sedangkan not G bisa diabaikan

irama dan melodi

Makna Sebuah Irama dan Melodi. . . . . .


Irama???????
Irama merupakan bahasa sehari-hari yang sering kita dengar di kepala kita..Tapi apakah tahu apakah makna irama tersebut..Irama adalah ketukan yang dilakukan secara teratur.Irama akan memperindah musik sehingga banyak orang dapat merasakan keindahan musik.
Irama juga mempunyai istilah lain yaitu ritme.Irama atau Ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktu. Menurut gitarpedia ritme adalah pengaturan logis rangkaian bunyi berdasarkan lama singkatnya ia dibunyikan agar menghasilkan sebuah gagasan musikal, tanpa not sekalipun kita masih bisa membuat musik yang berupa kumpulan bunyi tetabuhan ritmis, sebaliknya, musik tidak akan lengkap apabila tidak ada ritme, sekalipun kita memiliki macam-macam not dan warna suara.
ritme adalah suatu bagian dari melodi atau lagu. Ia berhubungan dengan distribusi not-not dalam waktu dan tekanan not-not itu. Not-not dalam waktu ini diberi berbagai nilai.
Ritme harus dibedakan dengan matra. Secara sederhana, matra adalah pengelompokan ketukan-ketukan dasar yang tetap dari suatu lagu. Dalam musik populer, ia disebut beat, suatu kata bahasa Inggris yang berarti “ketukan” dalam bahasa Indonesia. Jenis-jenis matra membentuk jenis-jenis birama seperti 2/4, 3/4, 4/4, 6/4, 3/8, 6/8, 9/8, dan 12/8. Angka di sebelah kiri garis miring menunjukkan jumlah ketukan per birama; angka di sebelah kanan menunjukkan nilai not dasar yang melandasi berbagai nilai not yang membentuk ritme suatu lagu.
Dari uraian pengertian di atas saya dapat menyimpulkan bahwa irama atau ritme merupakan unsur yang penting bagi pembentukan suatu musik.
Melodi??????
Melodi yaitu susunan rangkaian nada ( bunyi dengan getaran teratur ) yang terdengar berurutan serta berirama dan mengungkapkan suatu gagasan. Di dalam pengertian melodi di atas, ada bunyi dan juga getaran. Maksud dari bunyi di sini yaitu peristiwa getaran. Sedangkan getaran bunyi itu dapat cepat dan dapat pula lambat. Jika suatu sumber bunyi bergetar dengan cepat, maka bunyi yang dihasilkan tinggi. Contohnya, gelang kaki atau gerincingan. Dan jika sumber bunyi itu lambat, maka bunyi kedengaran rendah. Contohnya, bunyi tambur besar.
Melodi ialah rangkaian nada secara tunggal yang terdengar satu-satu.Dari pengertian tersebut dapat diketahui bahwa melodi terdiri dari nada-nada yang terangkai secara teratur.Nada-nada tersebut terangkai secara teratur dengan tinggi nada tertentu dalam sebuah sistem nada yang membentuk tangga nada tertantu.
Dalam belajar melodi,pertama-tama yang harus kita ketahui adalah mengenai notasi melodi.Notasi melodi adalah lambang-lambang yang menunjukkan tinggi rendahnya nada dalam melodi dituliskan dalam beberapa cara,seperti menggunakan balok not,huruf dan angka, Selain notasi melodi,kita juga harus mengetahui tentang tanda-tanda kromatis.Tanda-tanda kromatis terdiri dari tanda krois yang berfungsi untuk menaikkan not setengah nada lebih tinggi,tanda nol yang berfungsi untuk menurunkan not setengah nada dan tanda pugar untuk mengembalikan not ke tinggi nada semula.
Melodi adalah suatu gabungan dari rangkaian tingginada (pitch) dan ritme. Rangkaian tingginada dan ritme ditandai oleh rangkaian not dan tanda-diam dengan bermacam-macam nilai. Tergantung kebutuhan, harmoni – gabungan dua, tiga, empat nada atau lebih menurut aturan tertentu – dan lirik adalah bagian lain dari melodi.
Rangkaian not suatu melodi dibentuk oleh interval. Interval adalah “jarak” antara dua not, sejauh satu di antaranya lebih tinggi atau lebih rendah dari yang lain. Jarak antara not do dan re atau sebaliknya secara bertangga membentuk interval kedua karena Anda membunyikan secara naik-turun dua not. Interval ketiga, keempat, kelima, keenam, ketujuh, dan kedelapan masing-masing adalah do-mi (ada tiga not, do-re-mi); do-fa (ada empat not, do-re-mi-fa); do-sol; do-la; do-si; dan do-do (do kedua lebih tinggi sejauh delapan nada dari not do pertama). Selain itu, ada interval yang berjarak lebih jauh dari satu oktaf, seperti interval ke-9 (do-re dengan re titik satu di atasnya), interval ke-10 (do-mi dengan mi titik satu di atasnya), interval ke-11 (do-fa dengan fa titik satu di atasnya), dan interval lain yang lebih jauh jaraknya.
Melodi adalah serangkaian nada dalam waktu. Rangkaian tersebut dapat dibunyikan sendirian, yaitu tanpa iringan, atau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu (biasanya merupakan rangkaian nada tertinggi dalam akord-akord tersebut).
Melodi terbentuk dari sebuah rangkaian nada secara horisontal. Unit terkecil dari melodi adalah Motif. Motif adalah tiga nada atau lebih yang memiliki maksud atau makna musikal. Gabungan dari Motif adalah Semi Frase, dan gabungan dari Semi Frase adalah Frase (Kalimat). Sebuah Melodi yang paling umum biasanya terdiri dari dua Semi Frase yaitu kalimat tanya (Antisiden) dan kalimat jawab (Konsekuen).
Itulah makna atau pengertian tentang irama dan melodi..Selamat membaca dan semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya….Amien……

Melodi

MELODI #Part 1


                “Kriing … Kriing… Kriing…” Alarm di kamar Melodi sudah berdering sejak 15 menit lalu. Akhirnya, Melodi mendengar deringan alarm yang makin lama makin keras dan dengan memaksakan matanya untuk terbuka, ia mematikan alarmnya. Di lihatnya jam dinding yang terpaku manis di salah satu sudut kamar Melodi. Jam 05.00. Masih ada waktu untuk bersiap-siap berangkat sekolah, batin Melodi. Segera ia rapikan tempat tidurnya. Setelah rapi, ia menuju kamar mandi kemudian memakai seragam puti biru pertamanya. Ya, Melodi baru saja lulus SD dengan nilai yang memuaskan.dan masuk SMP Swasta terbaik di kotanya.
            “Cantik juga gue pake seragam SMP” gumamnya.
            Ia datangi mamanya yang sedang memasak sarapan
            “Selamat pagi, Ma. Cantik ya Odi makai seragam ini.”
            Mama memperhatikan dari ujung kaki hingga ujung kepala Melodi.
            “Iya sayang. Kamu cantik banget. Gak kerasa anak mama yang paling kecil udah remaja.” Ujar mama sembari tersenyum.
            Melodi memiliki 2 kakak, kakak pertamanya adalah seorang lead guitarist di sebuah band Indie, sedangkan kakak keduanya masih menyandang status pelajar di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) terbaik di kotanya. Papanya seorang pengusaha dan kini sedang merambah dunia hukum alias menjadi pengacara (walau masih magang) dan mamanya hanyalah seorang ibu rumah tangga yang membuka tempat terapi. Melodi sangat menyanyangi keluarganya. Maka dari itu, ia akan belajar sungguh-sungguh di SMP ini dan semoga bisa lulus dengan nilai yang memuaskan pula seperti ketika ia lulus dari SD.
            Setelah matang, segera di lahapnya masakan mama. Kini jam tangan Melodi telah menunjukkan pukul 06.15, denan cepet ia tali sepatu barunya, lalu mencium tangan mama dan papanya dan bergegas ke sekolah bersama mamanya.
            Sesampainya di SMP Melodi, Melodi malah bingung sendiri karena belum tahu ia masuk ke kelas apa.
            “Mama mau gak nganterin Odi sampai ke kelas? Odi lupa masuk kelas apa dan Odi juga kan belum tahu nanti pulang jam berapa.”
            “Iya, mama mau nganter kok.”
            Mama antar Odi masuk ke sekolah. Setelah bertanya-tanya dan melihat papan pengumuman, Odi ternyata masuk di kelas 7E. Dicarinya bersama mama kelas 7E dan ketemu. Ketika Odi hendak masuk kelas 7E ada yang menyapa mama Odi dari belakang.
            “Lho? Jeng Joshua anaknya juga masuk SMP ini toh?”
            Mama dan Odi menengok bebarengan ke arah suara itu.
            “Eh.. Jeng Marcel. Iya, Odi juga masuk di SMP ini, Kevin juga masuk di sekolah ini ya?”
            “Iya jeng.. Odi dapet kelas apa?”
            “Oh.. Odi masuk kelas 7E.”
            “Wah kebetula! Sama kayak Kevin dong. Jadi kalo ada PR, meeka bisa ngerjain bareng kan jeng? Hahaha” kata bu Marcel di iringi tawa khasnya.
            “Mm.. Ma, Odi mau masuk dalam kelas dulu ya.” kata Odi kemudian mencium tangan mamanya.
“Mari tante.”
            “Oh iya dek Odi. Silakan.”
            Odi masuki kelas barunya. Kelas ini memiliki ruangan yang cukup luas. Dengan jam dinding berwarna emas, poster kata-kata mutiara berwarna-warni, serta AC (Air Conditioner) juga turut menghiasi kelas baru Odi, 7E. Dilihatnya semua kursi telah terisi, ia mencari tempat duduk yang kosong dan itu hanya satu. Kursi dimana telah duduk gadis gendut di sebelahnya. Tempat duduk itu teletak dua meja dari meja paling depan. Odi pun duduk disana. Gadis gendut itu hanya melirik sebentar ketika Odi menarik kursinya tanpa menyapa Odi.
            “Idih! Sombong banget sih ni orang!” seru Odi jengkel dalam hati.
“Atau mungkin dia pemalu kali ya? Gue coba nyapa duluan ah~”
            Di ulurkannya tangan ke gadis gendut itu. Dengan senyum yang oke punya, Odi memulai percakapan pertamanya di SMP ini.
            “Hai namaku Melodi, panggil saja aku Odi. Namamu siapa?

Not Balok

tabel 7
Susunannya adalah : G – A – B – C – D – E – F – G
Kemudian diatur menurut pola seperti yang dijelaskan di atas, akhirnya menjadi seperti
pada gambar 6 berikut :
tabel 8
Susunan akhirnya menjadi : G – A – B – C – D – E – Fis – G
³paranada adalah gambar kelima garis sejajar yang mendatar, tempat menuliskan not balok
Dari uraian di atas maka dapat diambil kesimpulan untuk tangga nada G mayor diperlukan nada Fis (yaitu nada F dinaikkan 1 semiton). Maka dalam paranada tanda kres ditulis diawal paranada, seperti gambar 7 berikut.
tabel 9
Gambar 7 Tangga nada G mayor dengan tanda kres di depan
Dalam praktik, sangat diperlukan kefasihan dalam menyusun tangga nada dari berbagai macam nada yang ada dalam tangga nada kromatik. Silakan Anda berlatih menyusun tangga nada dari nada dasar C#, D, D#, dst.
Untuk menyusun tangga nada G mayor tampak adanya satu buah tanda kres (#). Hal ini sering disebutkan bahwa tangga nada 1 kres adalah tangga nada G mayor. Tentu ada pula tangga nada lainnya yang memakai 2, 3, dst. tanda kres. Hal ini memudahkan kita (khususnya jika bermain dalam not balok) untuk mengetahui apa nada dasar sebuah lagu. Sebaliknya ada pula tangga nada yang untuk memenuhi aturan tangga nada mayor memerlukan not yang diturunkan satu semiton (atau diberi tanda mol / b). Mengenai hal ini dapat lebih jelas dilihat pada gambar 8 berikut.
tabel 10
Dari lingkaran di atas tampak tangga nada 2 kres adalah nada D dan seterusnya. Demikian
pula tangga nada 2 mol adalah nada Bb (Bes) dan seterusnya

Nada

nada mayor pada fretboard gitar :


Terlihat sangat sulit bukan jika kita menghafalnya secara langsung ?
Untuk itu saya sudah membaginya menjadi beberapa pattern sehingga mungkin dapat membantu kawan - kawan
dalam mempelajari atau menghafal tangga nada mayor. Berikut adalah contoh pattern yang telah saya buat :

Pattern 1   Pattern 2   Pattern 3   Pattern 4   Pattern 5

Gambar (Dari kiri ke kanan) :   Pattern 1   Pattern 2   Pattern 3   Pattern 4   Pattern 5

Cara membaca pattern diatas adalah dari kiri ke kanan, Itu artinya garis paling kiri adalah senar 6 ( enam ),
sedangkan garis yang paling kanan adalah senar 1 ( satu ). Lingkaran yang berwarna merah adalah root note atau
nada dasar. Jika kita bermain pada kunci C, maka lingkaran yang berwarna merah itu merupakan nada C.
Pattern diatas juga dapat ditranspose atau dipindah - pindah ke dalam setiap nada dasar, misalkan kita mau bermain
pada nada dasar D mayor, maka kita hanya tinggal memindahkan posisi tangan kita tanpa harus mengubah
bentuk / pola (shape) pada pattern tersebut.

Basic Guitar Learning

" Major Scale (Mother Of Scale) "

A. Pengertian

Sebelum kita memulai tentang pembahasan Major Scale, ada baiknya kita mencoba untuk memahami dulu apa itu Scale atau Tangga Nada.

Tangga nada (Scale)
dalam pengertian yang sederhana, bisa diartikan sebagai satu set atau satu kumpulan not musik yang diatur sedemikian rupa dengan aturan yang baku sehingga memberikan nuansa atau karakter tertentu. Aturan baku tersebut berupa interval atau jarak antara satu not dengan not yang lain, aturan tentang nada awal dan nada final, dan lain-lain. Ada berbagai macam tangga nada di dalam musik, masing-masing memiliki aturan baku sebagai ciri yang membedakan antara tangga nada yang satu dengan tangga nada yang lain. Pada pembahasan kali ini saya akan coba menjelaskan tentang tangga nada Mayor (Major Scale).


B. Pemahaman Dasar

Tangga nada pada dasarnya hanya memiliki 8 nada, nada ke - 8 merupakan oktaf dari nada ke - 1.
Berikut adalah contoh dari susunan tangga nada mayor :

Do - Re - Mi - Fa - Sol - La - Si - Do ( Oktaf )

Pada kesempatan ini kita asumsikan saja Do sebagai kunci C pada gitar.
Maka dapat digambarkan seperti contoh dibawah ini :

C - D - E - F - G - A - B - C ( Oktaf )

Berdasarkan gambaran diatas maka kita dapat merumuskan jarak nada / interval pada tangga nada mayor,
berikut adalah jarak nada / interval pada tangga nada mayor :

1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2

Artinya adalah jarak nada dari C - D bernilai 1 (Whole Step), sedangkan jarak nada dari E - F bernilai 1/2 (Half Step).
Jika kita implementasikan terhadap instrumen gitar maka jarak nada dari C - D berjumlah 2 Fret, sedangkan jarak nada
E - F berjumlah 1 Fret. Singkatnya Whole Step itu berjumlah 2 Fret dan Half Step berjumlah 1 Fret.

Baiklah, demi mempersingkat waktu langsung saja kita bahas tentang Major Scale. Major Scale dapat dikatakan sebagai Mother
Of Scale, hal ini disebabkan banyak tangga nada yang berawal dari tangga nada mayor, seperti contohnya Minor Scale,
Blues Scale, Major Pentatonic, Minor Pentatonic, dan lain sebagainya. Itulah sebabnya seorang pemain pitch instrumen
wajib memahami Major Scale sebagai pengetahuan dasar tangga nada.

Mungkin akan terasa sangat sulit jika kita harus menghafal tangga nada mayor dalam 24 fret sekaligus, namun beberapa gitaris
mempunyai cara atau trik sendiri dalam menghafalnya. Saya pribadi cenderung lebih suka untuk membaginya dalam beberapa
bagian ( Pattern ) supaya lebih mudah untuk menghafalnya

tangga nada

1. Tangga Nada Kromatis
Tangga nada kromatis adalah tangga nada yang mempunyai pola jarak 1/2 saja
contoh :
(1) C Kromatis = C - Cis - D - Dis - E - F - Fis - G - Gis - A - Ais - B -c
(2) Es Kromatis = Es - E - F - Ges - G - As - A - Bes - B - c - des - d - es
2. Tangga Nada Debusian
Tangga nada debusian adalah tangga nada yang mempunyai pola jarak 1 saja
contoh :
(1) C Debusian = C - D - E - Fis - Gis - Ais - c
(2) Bes Debusian = Bes - c - d - e - ges - as - bes
3. Tangga Nada Diatonis
Tangga nada Diatonis adalah tangga nada yang mempunyai pola jarak 1 dan 1/2
Tangga nada semacam ini ada 2 macam, yaitu :
a. Tangga nada Mayor
Tangga nada Mayor adalah tangga nada yang mempunyai pola jarak : 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2
Tangga nada Mayor disebut juga sebagai tangga nada Mutlak, artinya sebuah tangga nada yang susunan nadanya terdiri dari semua jenis nada (dalam hal ini diaplikasikan sebagai nama nada/huruf) harus tertulis tidak ada yang kurang tidak ada yang dobel, Oleh sebab itu sebelum menyesuaikan aturan jarak harus disusun dulu abjad/huruf
contoh :
(1) G Mayor = G - A - B - c - d - e - fis - g
(2) F Mayor = F - G - A - Bes - c - d - e - f
b. Tangga nada Minor
Tangga nada Mayor adalah tangga nada yang mempunyai pola jarak : 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1
contoh :
(1) E minor = E - Fis - G - A - B - c - d - e
(2) D minor = D - E - F - G - A - Bes - c - d
Kalau kita lihat susunan nada di atas bisa disimpulkan bahwa :
- Susunan nada dalam tangga nada minor diambil dari susunan tangga nada Mayor, tetapi dimulai dari nada yang ke 6. Hal semacam ini dinamakan tangga nada PARAREL.
- tangga nada Pararel adalah tangga nada yang mempunyai anggota nada yang sama, seperti contoh di atas G Mayor = E minor dan D minor = F Mayor
Karena perkembangan jaman, musikpun ikut berkembang sehingga dalam penggunaan tangga nada minor berkembang menjadi 4 macam, yaitu :
  • Tangga nada minor Asli, adalah tangga nada minor seperti di atas yaitu tangga nada minor yang mengacu pada jarak 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1. tangga nada minor Asli disebut juga tangga nada minor diatonis. misalnya >> A Minor = A - B - c - d - e - f - g - a

  • Tangga nada minor Harmonis, adalah tangga nada minor asli yang nada ke 7 dinaikkan. misalnya A Minor Harmonis = A - B - c - d - e - f - gis- a
  • Tangga nada minor Melodis, adalah tangga nada minor asli yang nada ke 6 dan 7 dinaikkan.
misalnya A Minor Melodis = A - B - c - d - e - fis - gis- a
  • Tangga nada minor Zigana, adalah tangga nada minor asli yang nada ke 4, 6 dan 7 dinaikkan.
misalnya A Minor Harmonis = A - B - c - dis - e - fis - gis- a

tangga nada

Scale (tangga Nada) Minor

Scale atau Tangga Nada ; kita akan membahas Tangga Nada Minor di sini. Pada dasarnya cuman ada 3 Tangga Minor yg paling dikenal yaitu ; Minor Harmonic, Minor Melodyc dan Minor Natural. Natural Minor ini bunyinya sama dengan Scale ke 6 yaitu Aeolian(dibahas nanti). Minor Harmonic mempunyai urutan sebagai berikut ; C , D , Eb , F , G , Ab , B , C’ Minor Melodyc memiliki 2 karena Naik (Ascending) dan tuirunnya (Descending) berbeda, urutannya sebagai berikut ; C , D , Eb , F , G , A , B , C’ (Asc) kemudian C’ , Bb , Ab , G , F , Eb , D , C (Desc). Maka kita memakai contoh dengan Minor Natural saja di bawah ini.
Jikalau di mulai dari Tangga Nada C Minor ; C , D , Eb , F , G , Ab , Bb , C’, kita coba menggunakan Circle of Fourth lagi di sini
2. Selanjutnya ; F , G , Ab , Bb , C , Db , Eb , F’
3. Selanjutnya ; Bb , C , Db , Eb , Fb , Gb , Ab , Bb’
4. Selanjutnya ; Eb , F , Gb , Ab , Bb , Cb , Db , Eb’
5, Selanjutnya ; Ab , Bb , Cb , Db , Eb , Fb , Gb , Ab ‘
6. Selanjutnya ; Db , Eb , Fb , Gb , Ab , Bbb , Cb , Db’
Sekarang coba kita lanjutkan dengan dimulai dari nada ke 5, karena terlalu banyak tanda double flat nantinya, jika kita meneruskan putaran ini hingga 12 Tangga Nada.
7. Selanjutnya ; G , A , Bb , C , D , Eb , F , G’
8. Selanjutnya ; D , E , F , G , A , Bb , C , D’
9. Selanjutnya ; A , B , C , D , E , F , G , A’
10.Selanjutnya ; E , F# , G , A , B , C# , D , E’
11.Selanjutnya ; B , C# , D , E , F# , G , A , B’
12.Selanjutnya ; F#, G#, A , B , C# , D , E , F#’
Modes , sebenarnya juga sama dengan scale tetapi Tangga Nada Ini diciptakan dari susunan Tangga Nada Mayornya.
Jika memainkan jarak 1 , 1 , 1/2 , 1 , 1 , 1 , 1/2 , kita meyebutnya sebagai Ionian.
Jika memainkan jarak 1 , 1/2, 1 , 1 , 1 , 1/2 , 1 , kita meyebutnya sebagai Dorian.
Jika memainkan jarak 1/2 , 1 , 1 , 1 , 1/2 , 1 , 1 , kita menyebutnya sebagai Phrigian.
Jika memainkan jarak 1 , 1 , 1 , 1/2 , 1 , 1 , 1/2 , kita menyebutnya sebagai Lydian.
Jika memainkan jarak 1, 1 , 1/2 , 1 , 1 , 1/2 , 1 , kita menyebutnya sebagai Mixolydian.
Jika memainkan jarak 1 , 1/2 , 1 , 1 , 1/2 , 1 , 1 , kita menyebutnya sebagai Aeolian.
Jika memainkan jarak 1/2 , 1 , 1 , 1/2 , 1 , 1 , 1 , kita menyebutnya sebagai Locrian.

nada mayor

Tangga nada mayor

  Dalam teori musik, skala mayor atau tangga nada mayor adalah salah satu Tangga nada diatonik. Skala ini tersusun oleh delapan not. Interval antara not yang berurutan dalam skala mayor adalah: 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2.
Sebagai contoh, tangga nada A minor adalah C, D, E, F, G, A, B, C'

Musik Indonesia

WELCOME IN THE BLOG MUSIK INDONESIA

Macam-macam Musik Indonesia

Di Insonesia yg lagi trend skarang adalah musik atau lagu.. Ada bermacam-macam musik di Indonesia yaitu :

Musik Keroncong
Secara umum, musik keroncong memiliki harmoni musik dan improvisasi yang sangat terbatas. Umumnya lagu-lagunya memiliki bentuk dan susunan yang sama. Syair-syairnya terdiri atas beberapa kalimat (umumnya 7 kalimat) yang diselingi dengan permainan alat musik.

Musik Dangdut
Musik dangdut merupakan hasil perpaduan antara musik India dengan musik Melayu, musik ini kemudian berkembang dan menampilkan cirinya yang khas dan berbeda dengan musik akarnya. Ciri khas musik ini terletak pada pukulan alat musik tabla (sejenis alat musik perkusi yang menghasilkan bunyi ndut). Selain itu, iramanya ringan, sehingga mendorong penyanyi dan pendengarnya untuk menggerakkan anggota badannya. Lagunya pun mudah dicerna, sehingga tidak susah untuk diterima masyarakat.

Musik Perjuangan
Musik ini lahir dari kondisi masyarakat Indonesia yang sedang terjajah oleh bangsa asing. Dengan menggunakan musik, para pejuang berusaha mengobarkan semangat persatuan untuk bangkit melawan penjajah. Syair-syair yang diciptakan pada masa itu, umumnya berisi ajakan untuk berjuang, ajakan untuk berkorban demi Tanah Air, dan sebagainya. Irama musiknya pun dibuat cepat dan semangat, serta diakhiri dengan semarak.

Musik Populer (Pop)
Musik ini memiliki ciri, antara lain penggunaan ritme yang terasa bebas dengan mengutamakan permainan drum dan gitar bas. Komposisi melodinyajuga mudah dicerna. Biasanya, para musisinya juga menambahkan variasi gaya yang beraneka ragam untuk menambah daya tarik dan penghayatan pendengar atau penontonnya. Musik pop dibedakan menjadi musik pop anak-anak dan musik pop dewasa

Musik


DIVIDE - CRIMEA ST.
Salvation! For the ones who have sinned I'm drowning too deep in existence not knowing who's the one to blame every single breath I take they keep pulling me deeper and deeper I'm broken, I'm damaged it feels like I'm closer to the edge what does it mean to me? fake people fake everywhere show me the way and lead me back to my home cause I have realized that this isn't where I belong I can't remember when I've seen the light so why wont you let me, so why wont you let me go so there eyes may close (there eyes may close) I'm wade awake ye I am running back and forth nothing is everlasting I never knew the truth would be my curse My curse! My curse! The sun and The moon always be there as the truth reveal it self we'll see al that we've never seen that world has long been at a dead end I'm wade awake yet I am running back and forth so let me know I'm wade awake yet I am running back and forth so let me know yeaaa!!! you told me I have fallen to plead me again to plead for my life to be alive nothing is everlasting I never knew the truth would be my curse would be my Curse show me the way and lead me back to my home cause I have realized that this isn't where I belong I can't remember when I've seen the light so why wont you let me, so why wont you let me go so there eyes may close (there eyes may close) we shall save ourselves!

aliran musik

Genre Reggae
Tahun 1968 banyak disebut sebagai tahun kelahiran musik reggae. Sebenarnya tidak ada kejadian khusus yang menjadi penanda awal muasalnya, kecuali peralihan selera musik masyarakat Jamaika dari Ska dan Rocsteady, yang sempat populer di kalangan muda pada paruh awal hingga akhir tahun 1960-an, pada irama musik baru yang bertempo lebih lambat : reggae. Boleh jadi hingar bingar dan tempo cepat Ska dan Rocksteady kurang mengena dengan kondisi sosial dan ekonomi di Jamaika yang sedang penuh tekanan.
Kata “reggae” diduga berasal dari pengucapan dalam logat Afrika dari kata “ragged” (gerak kagok–seperti hentak badan pada orang yang menari dengan iringan musik ska atau reggae). Irama musik reggae sendiri dipengaruhi elemen musik R&B yang lahir di New Orleans, Soul, Rock, ritmik Afro-Caribean (Calypso, Merengue, Rhumba) dan musik rakyat Jamaika yang disebut Mento, yang kaya dengan irama Afrika. Irama musik yang banyak dianggap menjadi pendahulu reggae adalah Ska dan Rocksteady, bentuk interpretasi musikal R&B yang berkembang di Jamaika yang sarat dengan pengaruh musik Afro-Amerika. Secara teknis dan musikal banyak eksplorasi yang dilakukan musisi Ska, diantaranya cara mengocok gitar secara terbalik (up-strokes) , memberi tekanan nada pada nada lemah (syncopated) dan ketukan drum multi-ritmik yang kompleks.
Teknik para musisi Ska dan Rocsteady dalam memainkan alat musik, banyak ditirukan oleh musisi reggae. Namun tempo musiknya jauh lebih lambat dengan dentum bas dan rhythm guitar lebih menonjol. Karakter vokal biasanya berat dengan pola lagu seperti pepujian (chant), yang dipengaruhi pula irama tetabuhan, cara menyanyi dan mistik dari Rastafari. Tempo musik yang lebih lambat, pada saatnya mendukung penyampaian pesan melalui lirik lagu yang terkait dengan tradisi religi Rastafari dan permasalahan sosial politik humanistik dan universal.
Album “Catch A Fire” (1972) yang diluncurkan Bob Marley and The Wailers dengan cepat melambungkan reggae hingga ke luar Jamaika. Kepopuleran reggae di Amerika Serikat ditunjang pula oleh film The Harder They Come (1973) dan dimainkannya irama reggae oleh para pemusik kulit putih seperti Eric Clapton, Paul Simon, Lee ‘Scratch’ Perry dan UB40. Irama reggae pun kemudian mempengaruhi aliran-aliran musik pada dekade setelahnya, sebut saja varian reggae hip hop, reggae rock, blues, dan sebagainya.
“Apa sih Reggae”
Reggae sendiri adalah kombinasi dari iringan tradisional Afrika, Amerika dan Blues serta folk (lagu rakyat) Jamaika. Gaya sintesis ini jelas menunjukkan keaslian Jamaika dan memasukkan ketukan putus - putus tersendiri, strumming gitar ke arah atas, pola vokal yang ‘berkotbah’ dan lirik yang masih seputar tradisi religius Rastafari. Meski banyak keuntungan komersial yang sudah didapat dari reggae, Babylon (Jamaika), pemerintah yang ketat seringkali dianggap membatasi gerak namun bukan aspek politis Rastafarinya. “Reg-ay” bisa dibilang muncul dari anggapan bahwa reggae adalah style musik Jamaika yang berdasar musik soul Amerika namun dengan ritem yang ‘dibalik’ dan jalinan bass yang menonjol. Tema yang diangkat emang sering sekitar Rastafari, protes politik, dan rudie (pahlawan hooligan). Bentuk yang ada sebelumnya (ska & rocksteady) kelihatan lebih kuat pengaruh musik Afrika - Amerika-nya walaupun permainan gitarnya juga mengisi ‘lubang - lubang’ iringan yang kosong serta drum yang kompleks. Di Reggae kontemporer, permainan drum diambil dari ritual Rastafarian yang cenderung mistis dan sakral, karena itu temponya akan lebih kalem dan bertitik berat pada masalah sosial, politik serta pesan manusiawi.

aliran musik

1.Genre Pop
Musik populer atau Musik pop adalah nama bagi aliran-aliran musik yang didengar luas oleh pendengarnya dan kebanyak bersifat komersial.
Musik populer pertama kali berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1920 di mana rekaman pertama kali dibuat berdasarkan penemuan Thomas Edison, dibedakan dengan Musik Klasik, Musik Jazz, Musik Tradisional, Musik Blues, kemudian juga berkembang ke negara-negara lain sedunia.
Band - band Pop di Indonesia :
-Ungu
-Vierra
-Dewa
-Wali
-THe Changcuters

krispatih

Kerispatih


Kerispatih
Latar belakang
Asal Bendera Indonesia Indonesia
Genre Pop
Tahun aktif 2003 - sekarang
Label Nagaswara
Situs web www.kerispatih.com
Anggota
Fandy (vokal)
Badai (keyboard)
Anton (drum)
Arief (gitar)
Andika (bass)
Mantan anggota
Sammy (vokal)
Kerispatih adalah sebuah grup musik Indonesia yang dibentuk pada tahun 2003. Anggotanya berjumlah 5 orang yaitu Badai, Anton, Fandy (menggantikan Sammy), Arief, dan Andika.