Kamis, 21 Februari 2013

macam-macam piano

Mengenal Jenis Piano

Piano klasikMusik info - Piano, merupakan salah satu alat musik yang eksklusif. Dari harganya saja sungguh membuat isi kantong akan terkuras. Wajar saja jika orang-orag yang punya uang lebih memajang piano salah satu sudut rumahnya. Mungkin sebagai lambang atau ingin menunjukkan status social mereka.
Bunyi atau suara yang dihasilkan piano pada abad 20-an tidak sekeras suara piano yang dibuat Bartolomeo Cristofori (1655 – 1731) buatan 1720. Karena tegangan senar piano pada masa itu tidak sekuat sekarang. Kini piano tersebut dipajang di Metropolitan Museum of Art di New York.
Awalnya piano disebut gravecembalo col piano e forte (harpsichord dengan papan tuts lembut dan bersuara keras). Ada yang berpendapat bahwa piano ditemukan oleh Bartolomeo Cristofori, walaupun itu masih menjadi perdebatan. Dan piano juga bukan alat musik pertama yang menggunakan papan tuts dan bekerja dengan dipukul. Alat musik berprinsip kerja mirip piano telah ada sejak 1440.

Ada bermacam-macam jenis piano seperti :
Spinet
Spinet dengan tinggi antara 36 – 38 inci dengan lebar 38. Mungkin karena ukurannya sehingga piano ini menjadi popular, tentu tidak membutuhkan ruang yang besar untuk meletakkan dalam ruangan.  Daya dan akurasi yang kurang karena ukuran dan konstruksi, merupakan salah satu kekurangan dari piano ini.

Konsol
Tinggi Konsol berkisar 40 - 43 inci dan lebarnya berkisar 58 inci. Modelnya yang banyak dan suaranya yang tinggi menjadikan sebagai salah satu pilihan alternative untuk melengkapi perabotan dalam rumah.

Studio
Di sekolah-sekolah musik piano ini banyak digunakan, dengan tinggi 45 – 48 inci dan lebar 58 inci. Karena soundboard yang lebih besar dan senar yang panjang, maka bisa menghasilkan kualitas nada yang baik dan panjang.

Upright
Dari tingginya yang berkisar antara 50 -60 inci dan lebar 58 inci menjadikan piano ini lebih tinggi dari piano lainnya.

Petite Grand
Ukurannya berkisar dalam ukuran dari 4 kaki 5 inci sampai 4 kaki 10 inci.

Baby Grand
Kualitas suara Baby grand menjadi pilihan populer karena kualitas suara, dan daya tarik estetika serta keterjangkauannya.Jenis yang sangat popular yang ukurannya berkisar antara 4 kaki 11 inci sampai 5 kaki 6 inci.

Medium Grand
Lebih besar dari baby Grand ukurannya sekitar 5 kaki dan 7 inci.

Parlor Grand
Ukurannya berkisar antar 5 kaki 9 inci sampai 6 kaki 1 inci. Piano grand Parlor juga disebut grand pianonya ruang tamu.

Semiconcert atau Ballroom
ukurannya lebih besar Grand Parlor, adalah sekitar 6 kaki 2 inci sampai 7 meter.

Konser Grand
Ukurannya sekitar 9 kaki, yang terbesar dari semua piano grand
Dari piano-piano inilah lahir legenda yang cukup terkenal dan salah satu dari Indonesia adalah Bubi Chen.Disamping legenda dunia lainnya seperti Komposer Isaac Albeniz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar